Beeswax, Lilin Lebah Yang Mempercantik Kulitmu

45 views
banner 468x60)

Rumah Cantik – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar serangga jenis lebah? takut karena sengatannya? atau manis karena madunya? yang jelas keduanya memang identik dan ciri dari hewan yang menyukai bunga tersebut.

Lebah merupakan satu-satunya hewan yang bisa menghasilkan madu. Madu dikenal sebagai bahan yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Bahkan madu merupakan obat dari berbagai macam penyakit. Manfaatnya pun bisa dirasakan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Beeswax, Lilin Lebah Yang Mempercantik Kulitmu
Sumber : Google

Tapi tahukah kamu, kalau bukan hanya madunya saja yang bisa diambil manfaatnya, tapi sarang atau rumah dari lebah tersebut pun bisa loh. Sarang lebah tersebut sebelumnya akan diekstraksi terlebih dulu sehingga menjadi lilin, yang disebut Beeswax.

Beeswax atau lilin lebah didapat dari polimer sarang lebah. Beeswax diekstraksi dengan cara mencairkan sarang di dalam air mendidih dan kemudian diekstraksi setelah dingin. dari saripati madu tersebut, dibiarkan membeku lalu diolah sehingga memiliki tekstur seperti lilin.

Kandungan Persentase
Hidrokarbon 14%
Asam Poliester 1%
Hidroksi Poliester 8%
Hidroksi Monoester 4%
Monoester 35%
Asam Ester 1%
Triester 3%
Diester 14%
Asam Lemak Bebas 12%
Lain-lain 6%

Menurut penelitian para ahli, lilin lebah atau beeswax memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang lumayan tinggi, meskipun tidak sebanyak madu, royal jelly, dan propolis, tapi dengan kandungan gizi tersebut, beeswax juga sangat baik untuk menutrisi kulit.

Beeswax, Manfaat di Dalam Dunia Kecantikan

Dalam dunia kecantikan, Beeswax biasa kita temukan sebagai support ingredients atau bahan campuran produknya. Kamu bisa menemukan ekstrak lilin madu ini dalam banyak lotion tubuh, moisturizer cream, hand cream, lip balm, lip gloss dan perawatan kulit lainnya.

1. Melindungi Kulit

Fungsi ekstrak lilin madu disini adalah sebagai agent pelindung kulit, yang mana beeswax bertindak sebagai surfaktan. Jika ekstrak lilin madu dicampurkan ke dalam produk perawatan kulit, maka beeswax akan membentuk penghalang pada permukaan kulit yang dapat melindungi kulit. Penghalang ini dapat melindungi kulit dari iritasi, namun masih memungkinkan kulit untuk bernapas.

2. Melembutkan dan Melembabkan Kulit

Beeswax mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang bisa memperbaiki kulit yang kering, kasar dan pecah-pecah. Selain itu ekstrak lilin lebah ini kaya akan vitamin A dan emolien yang dapat melembutkan dan menghidrasi kulit. Pada kulit kering ekstrak lilin madu akan membangun kembali sel kulit.

Jika suatu produk dengan kandungan beeswax di dalamnya, tidak memberikan efek penyumbatan pada pori-pori, jadi aman digunakan untuk kulit berjerawat ataupun berminyak.

Kandungan beeswax di dalam produk perawatan kulit bertindak sebagai emolien dan zat pelembab, memberikan serta menjaga kelembaban kulit.

3. Menyegarkan Kulit

Selain memberikan kelembaban dan memperhalus tekstur kulit, beeswax juga bisa menjadikan kulit terasa lebih segar. Lilin madu diketahui mampu menyerap air lebih banyak, sehingga jika menggunakan produk dengan kandungan beeswax kulit akan terasa segar.

4. Merejuvenasi Kulit

Vitamin A juga menstimulasi terjadinya proses rejuvenasi yang menjadikan kulit tampak lebih bercahaya lebih alami, dan juga menjadikan kulit terlihat lebih bersih.

5. Menghilangkan jerawat

Selain kaya antioksidan, dan vitamin A, Beeswax juga kaya akan kandungan Antibakteri, dan anti peradangan. Kandungan ini dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kulit berjerawat. Emolien di dalamnya dapat membantu kulit menjadi lebih lembut setelah penyembuhan jerawat.

6. Mengatasi peradangan kulit

Menurut beberapa penelitian Beeswax memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri dan anti virus sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati iritasi kulit ringan. Sama seperti madu, lilin lebah juga mengandung komponen anti peradangan, sehingga sangat baik digunakan untuk peradangan pada kulit. Ekstrak lilin madu juga dapat digunakan untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan masalah pada kulit.

Produk Skincare Yang Mengandung Beeswax

 

Dengan manfaat dan kandungan yang tidak kalah dengan madu, beeswax juga dikenal di dunia kosmetik dan skincare sebagai bahan dasar ataupun bahan tambahan pada produk mereka. Salah satu brand yang menggunakan beeswax untuk memaksimalkan kinerja produknya adalah Tryme Skincare.

Ada 2 variant produk tryme yang menggunakan beeswax sebagai main ingredient nya, yaitu Glowing Secret Day Cream dan Shining Ultimate Night Cream. Kedua produk tersebut adalah moisturizer atau krim pelembab. Alasan mengapa tryme memilih ekstrak lilin madu sudah jelas agar produk pelembab tryme lebih maksimal dan optimal untuk merawat dan mengatasi permasalah kulit, seperti kulit kering, kusam, jerawat, dan lainya.

tryme night cream

 

Selain ekstrak lilin madu , banyak juga bahan lainya yang saling menyempurnakan dan memperkuat fungsi dan manfaat moisturizer dari tryme skincare ini. Jadi hasil yang akan di dapatkan penggunanya pun jauh lebih cepat dan lebih maksimal.

banner 468x60)

#bodycareterbaik #penghilangflekhitam #penghilangjerawat #skincare

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 468x60)

    Tinggalkan pesan