Mengenal Kandungan Zinc Oxide Dalam Skincare Dan Kosmetik

74 views
banner 468x60)

Rumah Cantik – Banyak dari kita yang kurang aware saat menggunakan skincare atau kosmetik. Padahal, dengan mengetahui isi kandungan suatu produk, kita bisa menyesuaikan dengan jenis kulit dan juga kebutuhan kulit kita.

Mengenal Kandungan Zinc Oxide Dalam Skincare Dan Kosmetik

Salah satu bahan yang sangat kita jumpai di berbagai skincare dan juga sebagian kosmetik dan kita tidak mengetahui arti dan manfaat zat tersebut adalah Zinc Oxide. Apa itu ? Apa manfaat dan kegunaanya bagi tubuh terutama kulit? Dan produk apa yang mengandung Zinc Oxide? Mari kita bahas satu-persatu.

Apa Itu Zinc Oxide?

Zinc oxide merupakan senyawa organik yang termasuk dalam  tabir surya jenis fisik atau physical sunscreen. Tabir surya fisik merupakan perlindungan bagi kulit dari sinar UV, baik itu UV A atau UV B. Cara kerjanya  adalah dengan membentuk pelindung pada kulit dan memantulkan sinar UV sebelum menyentuh kulit kita. Jadi perlindungan yang kulit kita dapatkan adalah bentuk proteksi dari sinar UV.

Zinc Oxide berupa formula yang sangat lembut, sehingga banyak dibuat bahan campuran kosmetik, obat perawatan, lotion, dan sabun. Kandungan zinc oxide juga terdapat pada krim tabir surya agar dapat mencegah radiasi ultraviolet.

Kenapa Kulit Membutuhkan UV Filter 

Sebenarnya, sinar matahari bukan hanya mendatangkan efek buruk bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan sinar matahari, maka asupan vitamin D pun jadi terbatas. Hal itu menyebabkan tubuh berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Kekurangan vitamin D juga menyebabkan pertumbuhan tulang untuk anak di bawah umur kurang maksimal.

Namun, berlama-lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan juga tidak baik. Ada tiga jenis radiasi UV (ultraviolet) yang dipancarkan matahari, namun hanya UVA dan UVB yang berpengaruh pada tubuh manusia. Sinar UVA, dapat mempercepat penuaan kulit, serta menyebabkan keriput dan flek hitam. 

Sementara itu, sinar UVB adalah jenis sinar yang bisa membuat kulit terbakar. Paparan yang terlalu tinggi terhadap kedua sinar tersebut dapat memicu terjadinya kanker kulit. Itulah mengapa kulit kita sangat membutuhkan Zinc Oxide.  

Produk Yang Mengandung Zinc Oxide

Produk yang mengandung Zinc Oxide sebagai  pelindung kulit dari efek negatif sinar UV biasanya tersedia dalam bentuk Sunscreen atau Sunblock. Tapi tidak cuma dalam produk sunscreen saja, kandungan tersebut juga banyak ditemui di produk kecantikan seperti pada skincare. 

Salah satu produk yang mengandung UV filter jenis Zinc Oxide ini adalah produk Day Cream dari Tryme Skincare. Berbeda dari day cream lainya, day cream dari tryme memiliki beberapa kelebihan dan juga manfaat yang bagus untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Kira-kira apa saja kelebihannya?

Day cream milik brand tryme yang terkenal dengan nama Tryme Glowing Secret Day Cream adalah krim pelembab (moisturizer) yang diformulasikan khusus dengan kandungan UV Filter yang dapat membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Serta membantu kulit menjadi lembut dan memberikan kelembaban pada kulit.

Memiliki tekstur ringan dan mudah menyerap di kulit, sehingga day cream tryme bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Baik itu kulit normal, berminyak, maupun kering.

UV filter yang ada dalam day cream tryme, bukan hanya berfungsi sebagai agen protector saja, tapi sejatinya manfaat Zinc Oxide sendiri memiliki banyak manfaat seperti:

1. Mencegah Peradangan

Dapat mencegah peradangan pada kulit. Kesehatan kulit menjadi lebih terjaga dan terhindar dari infeksi yang melekat akibat rusaknya kulit. Salah satu peradangan yang dapat dicegah dengan penggunaan zinc oxide adalah eksim atau dermatitis. 

2. Menjaga Kelembaban

Mampu mencegah peradangan dan menjaga kelembaban kulit. Krim tryme memiliki kandungan penyegar yang berfungsi menjaga kelembaban kulit dan mencegah peradangan.

3. Mengatasi jerawat

Dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan biang keringat. Dalam hal mencegah dan menghilangkan jerawat, zinc berperan dalam peningkatan fungsi imun tubuh sehingga sel-sel yang berperan dalam proses kekebalan tubuh dapat menangkal terjadinya infeksi bakteri penyebab jerawat. 

Zinc juga bertanggung jawab dalam menjaga keseimbangan produksi hormon, sehingga peningkatan produksi sebum akibat ketidakseimbangan produksi hormon dapat dicegah dan akhirnya jerawat pun tidak muncul. 

banner 468x60)
Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 468x60)

    Tinggalkan pesan